Di Testismu Ada Benjolan ? Bikin Shock, Ternyata Ini Penyebabnya

Apakah di testis Anda terdapat benjolan? Pernahkah Anda mencari tahu penyebab benjolan di testis Anda?

Bikin shock! Ternyata di balik kondisi tersebut (benjolan pada testis) ada kondisi yang mengancam kesehatan Anda dan harus mendapatkan penanganan secepatnya untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Penyebab Benjolan Di Testis

Testis sendiri merupakan salah satu bagian dari sistem reproduksi pria. Salah satu fungsinya adalah untuk menghasilkan hormon testosteron dan sperma. Hormon yang berperan aktif dalam perkembangan dan fungsi seksual seorang pria.

Umumnya, ukuran antara testis kiri dan kanan itu berbeda, alias tidak sama. Ini adalah hal yang wajar. Karena, struktur anatomis pembuluh darah pada testis kiri dan kanan yang berbeda.

Namun, Anda harus mewaspadai jika di testis Anda terdapat benjolan ketika Anda merabanya. Kenapa? Karena, bisa jadi penyakit berbahaya di bawah inilah penyebabnya.

Penyebab Benjolan Di Testis

Penting untuk para pria memiliki testis yang sehat. Akan tetapi, seperti organ lainnya, testis juga bisa terserang penyakit. Beberapa penyakit mungkin harus segera mendapatkan penanganan guna mencegah kondisi yang tidak di inginkan.

Dan, benjolan di testis adalah salah satu kondisi yang harus Anda waspadai. Sangat dianjurkan untuk Anda segera menemui dokter atau mendatangi rumah sakit guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga, penyebab benjolan di testis yang Anda alami bisa diketahui secara pasti. Dan, Anda pun bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Pasalnya, ada beberapa penyakit yang juga bisa menyebabkan terbentuknya benjolan di testis. Beberapa penyakit tersebut meliputi:

1. Kista Epididimis

Benjolan di testis bisa diakibatkan oleh adanya kista epididimis. Yakni, kista yang tumbuh pada saluran yang berfungsi menyalurkan sel sperma dari testis.

2. Hidrokel

Anda juga mesti waspada saat mendapati benjolan pada testis. Bisa jadi, kondisi tersebut akibat adanya penyakit hidrokel. Yakni, penumpukan cairan pada selaput yang melindungi testis. Sebagian kasus hidrokel ditangani dengan cara bedah atau operasi.

3. Epididimitis

Selain kista, epididimis juga bisa mengalai peradangan atau infeksi. Dan, salah satu gejalanya adalah benjolan pada testis.

Baca Juga : Cara Mengobati Epididimitis Secara Alami

4. Torsi Testis

Umumnya, penyebab torsi testis ini adalah karena cedera atau kecelakaan. Kondisi ini bisa membuat testis Anda menjadi bengkok. Penanganan harus dilakukan sesegera mungkin. Karena, torsi testis termasuk keadaan darurat medis.

5. Varikokel

Benjolan pada testis juga bisa disebabkan oleh varikokel. Yakni, kondisi dimana pembuluh vena di dalam testis atau skrotum mengalami pembengkakan. Benjolan akibat kondisi ini biasanya berada di atas testis ataupun pada bagian kiri skroktum.

6. Kanker Testis

Penyebab benjolan di testis yang harus Anda waspadai sekali adalah kanker testis. Yaitu, kanker yang tumbuh pada testis. Pemeriksaan lebih lanjut dapat menentukan apakah benjolan tersebut bersifat kanker atau tidak.

Silakan baca juga : Penyebab Penyakit Kanker Testis

Nah, itulah beberapa faktor atau penyakit yang dapat menyebabkan benjolan di testis. Semoga, artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengenali berbagai kemungkinan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan testis Anda.

Terima kasih telah menyimak. Jangan lupa bantu share agar orang lain juga tahu 🙂

SALAM SEHAT
Sponsored By : Obat Penyakit Kanker Testis

Penyebab Benjolan Di Testis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *