Makanan Pemicu Kanker Rahim Yang Sering Dikonsumsi

Makanan Pemicu Kanker Rahim – Tahukah Anda jika ada beberapa makanan yang bersifat karsinogenik yang dapat memicu perkembangan sel kanker?

Nah, perempuan yang ingin terhindar dari risiko kanker rahim wajib tahu makanan pemicu kanker rahim ini!

Makanan Pemicu Kanker Rahim Yang Sering Dikonsumsi

Makanan Pemicu Kanker Rahim

Beberapa makanan seperti sayur dan buah-buahan memang bagus untuk dikonsumsi setiap hari, tentunya dengan porsi yang seimbang. Tidak kurang, juga tidak berlebihan.

Selain makanan sehat, ada beberapa makanan yang bersifat karsinogenik yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau terlalu sering, dapat memicu perkembangan bibit-bibit kanker. Termasuk kanker rahim di dalamnya.

Untuk mencegah dan memperkecil risiko menderita penyakit kanker, sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan pemicu kanker di bawah ini:

Daftar Makanan Pemicu Kanker Rahim

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat memicu perkembangan sel kanker. Makanan di bawah ini mungkin termasuk makanan yang sering Anda konsumsi. Apasajakah makanan tersebut? Berikut listnya untuk Anda.

  • Daging Olahan

Makanan pemicu kanker rahim maupun jenis kanker lainnya adalah daging olahan. Baik itu daging merah maupun daging unggas. Hal ini, karena di dalam daging olahan banyak mengandung bahan pengawet kimiawi. Beberapa daging olahan tersebut adalah: Sosis, ham, daging asap, dan lainnya.

  • Daging Merah

Di dalam daging merah, seperti daging sapi dan kambing memang terdapat kandungan protein yang tinggi. Akan tetapi, mengkonsumsi daging merah secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker. Hal ini telah melalui penelitian oleh Harvest Medical School.

  • Popcorn Dari Microwave

Makanan yang juga dikenal sebagai berondong jagung ini memang paling pas untuk dijadikan cemilan saat nonton, tapi, apakah kalian tahu?, jika di dalam popcorn microwave terkandung PFOA atau perfluorooctanoic acid serta diacetyl chemical yang dapat menyebabkan munculnya tumor dan kanker.

  • Keripik Kentang

Makanan kemasan keripik kentang semakin menjamur. Peminatnya pun semakin banyak. Mulai dari anak-anak sampai lansia. Tapi, dibalik rasanya yang enak, Anda harus tahu, bahwa FAKTANYA keripik kentang termasuk makanan yang bersifat karsinogenik.

Di dalam keripik kentang yang Anda konsumsi tersebut selain mengandung lemak trans dan natrium yang tinggi, juga terdapat berbagai jenis pengawet, perasa buatan, dan pewarna makanan. Di tambah proses penggorengan pada suhu tinggi dapat mengakibatkan terbentuknya akrilamida.

  • Alkohol, Soda, dan Minuman Berkarbonasi

Dari jenis minuman, alkohol, soda, minuman bernergi, dan minuman berkarbonasi lainnya tidak hanya memiliki gula yang tinggi, tapi, juga mengandung bahan kimia, dan juga zat pewarna buatan. Zat-zat tersebut akan membantu mengasamkan tubuh dan menimbulkan pertumbuhan sel kanker.

  • Tepung Putih dan Olahannya

Di nukil dari metrotvnews.com, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology mengatakan, jika di dalam tepung putih terdapat karbohidrat yang berlebih. Karbohidrat olahan terbukti dapat meningkatkan risiko kanker.

Makanan Pemicu Kanker Rahim Lainnya

Selain beberapa makanan di atas, makanan lainnya yang juga wajib untuk di batasi atau bahkan dihindari adalah:

  • Makanan Kalengan (korned, sarden, dll)
  • Buah dan sayur yang dikeringkan
  • Ikan atau daging asap, ikan asin, dan salmon ternak
  • Minyak goreng yang digunakan lebih dari 1 kali
  • Gula halus
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan
  • Buah dan sayur non-organik (yang mengandung pestisida, dan lainnya)
  • Makanan cepat saji
  • Makanan yang di panggang atau di bakar

Itulah beberapa makanan yang dapat memicu pertumbuhan kanker. Melakukan pencegahan dengan membatasi atau bahkan menghindari jenis makanan di atas lebih baik untuk dilakukan sebelum terlambat.

Silahkan kunjungi juga artikel lainnya tentang kanker rahim:

Terima kasih telah menyimak artikel di atas mengenai makanan pemicu kanker rahim. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Makanan Pemicu Kanker Rahim Yang Sering Dikonsumsi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *