Cara Deteksi Dini Kanker Rahim

Cara Deteksi Dini Kanker Rahim – Sangat penting sekali untuk mendeteksi penyakit kanker sedini mungkin. Hal ini akan sangat berpengaruh pada proses pengobatan dan peluang sembuh dari kanker tersebut.

Cara Deteksi Dini Kanker Rahim

Cara Deteksi Dini Kanker Rahim

Penyakit kanker adalah penyakit mematikan di dunia. Kebanyakan penderita kanker baru mengetahuinya saat kanker sudah memasuki stadium lanjut.

Mengapa demikian? Hal ini karena, kebanyakan penderita baru melakukan pemeriksaan ketika mendapati keluhan. Akibatnya, kanker telat untuk terdeteksi.

Kita ambil contohnya kanker rahim pada perempuan. Banyak penderita kanker rahim yang baru mengetahui bahwa mereka terindikasi memiliki kanker rahim ketika kanker sudah memasuki stadium lanjut.

Saat kanker rahim sudah memasuki stadium lanjut, pengobatan yang diberikan akan lebih berat, bahkan, peluang untuk sembuh secara total tidak sebesar saat kanker masih pada tahap awal.

Operasi pengangkatan rahim (histerektomi), terapi sinar, dan juga kemoterapi adalah serangkaian pengobatan untuk kanker rahim.

Apakah Ada Cara Deteksi Dini Kanker Rahim Yang Bisa Dilakukan?

Semua jenis penyakit dapat di deteksi sejak dini. Pun demikian dengan penyakit kanker. Untuk mengetahui indikasi penyakit kanker rahim sedini mungkin, Anda bisa melakukan skrining (screening). Diantaranya adalah dengan melakukan:

  • Papsmear

Papsmear adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan pada sel permukaan pada leher rahim untuk mendeteksi adanya kanker leher rahim. Tes ini dilakukan pada wanita yang telah melakukan hubungan seks dan dengan memenuhi syarat :

  • Telah selesai haid paling tidak 3 hari
  • Tidak berada dalam kegiatan seksual paling tidak 3 hari
  • Tidak menggunakan obat obatan yang berhubungan dengan intravagina.

Tes ini digunakan untuk mendeteksi apakah terdapat perubahan perubahan pada sel leher rahim yang dalam kondisi abnormal. Tahap pemeriksaannya dilakukan dengan cara mengambil cairan yang ada di leher rahim dengan menggunakan spatula yang kemudian sample tes ini diperiksa dengan menggunakan mikroskop.

  • IVA Test

IVA test memiliki pengertian inspeksi visual dengan asam asetat adalah suatu metode cara lain yang dapat digunakan untuk mengetahui dan mendeteksi mengenai adanya tanda tanda terdapat kanker serviks.

Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan asam asetat dalam konsentrasi 3% sampai 5% di daerah mulut rahim. Kemudian dari semprotan ini, dilihat apakah terdapat suatu perubahan warna menjadi warna putih ke daerah yang disemprotkan tadi.

Sumber : http://faktakanker.com/kanker-serviks/cara-deteksi-dini-kanker-serviks-dan-pencegahannya

Bagaimana? Apakah Anda masih takut melakukan tes medis untuk mendeteksi dini kanker rahim?

Deteksi dini kanker rahim sangat penting untuk Anda lakukan demi mencegah kondisi yang lebih parah. Jika kanker terdeteksi lebih awal, masih ada kemungkinan untuk kanker sembuh secara total.

Demikian artikel mengenai “Cara Deteksi Dini Kanker Rahim“. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Artikel menarik lainnya bisa dilihat DI SINI!

Baca Juga : Efek Samping Histerektomi

Cara Deteksi Dini Kanker Rahim

Comment (1)

  1. Pingback: Manfaat dan Khasiat Buah Makasar Untuk Penderita Kanker Rahim

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *