Bahaya Kanker Rahim Pada Perempuan Yang Harus Diketahui

Bahaya Kanker Rahim – Semua perempuan wajib tahu bahaya dari penyakit kanker rahim. Dengan mengetahui bahayanya, kita akan menjadi lebih waspada terhadap kehadiran penyakit ini.

Bahaya Kanker Rahim Pada Perempuan Yang Harus Diketahui

Bahaya Kanker Rahim Pada Perempuan

Setiap perempuan harus waspada!, jika kanker payudara bukan satu-satunya penyakit kanker yang dapat menyerang perempuan. Penyakit kanker lainnya yang sering terjadi adalah kanker rahim.

Rahim sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam proses kehamilan pada perempuan. Salahsatu fungsinya adalah untuk menerima hasil pembuahan dari ovarium dan kemudian menjadi tempat berkembangnya janin.

Bisa Anda bayangkan, jika penyakit kanker menyerang rahim, sudah pasti selain akan kesulitan dalam mendapatkan kehamilan, bahaya lainnya juga sedang mengancam Anda, termasuk kematian.

Bahaya Kanker Rahim : Terdeteksi Setelah Memasuki Stadium Lanjut

Kebiasaan masyarakat kita yang baru memeriksakan diri saat merasakan keluhan, membuat kanker rahim terdeteksi ketika sudah memasuki stadium lanjut. Hal ini, karena pada awal-awal perkembangan kanker, memang tidak menunjukan gejala yang signifikan. Baca juga : Tanda Gejala Kanker Rahim

Pengobatan yang dilakukan saat kanker sudah memasuki stadium lanjut akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, sangat penting untuk Anda melakukan tes rutin termasuk skrining untuk mendeteksi kanker sedini mungkin.

Deteksi dini kanker rahim dapat membantu Anda terhindar dari kondisi yang lebih parah termasuk pengangkatan rahim (Histerektomi).

Bahaya Kanker Rahim : Metastasis / Penyebaran Kanker

Bahaya lainnya dari penyakit kanker rahim ini adalah metastasis atau penyebaran kanker pada bagian tubuh atau organ lainnya yang ada di sekitar sumber kanker. Yang tersering, kanker rahim dapat menyebar ke jaringan terdekat, yakni panggul atau ke kelenjar getah bening.

Metastasis kanker rahim ini tidak hanya dapat terjadi pada bagian yang terdekat, metastasis kanker juga bisa sampai ke paru-paru, hati, atau tulang.

Karena itu juga, penyakit kanker rahim harus mendapatkan penanganan sedini mungkin untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Semua wanita harus waspada dengan ancaman kanker rahim ini. Pasalnya, kanker ini dapat terjadi pada wanita manapun tanpa melihat ras dan usia. Meskipun kebanyakan kasus, kanker rahim terjadi pada usia di atas 40 tahun.

Itulah beberapa bahaya dari kanker rahim yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui bahayanya, diharapkan, kita sebagai perempuan lebih waspada lagi dengan penyakit ini.

Cara Mencegah Kanker Rahim

Perkembangan kanker di dalam tubuh sebenarnya dapat di cegah. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan. Diantaranya dengan menjalankan gaya hidup sehat yang meliputi:

  • Konsumsi makanan bergizi dan nutrisi tinggi
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  • Menghindari makanan atau minuman pemicu kanker, seperti alkohol, minuman berkarbnasi, junkfood, makanan yang di bakar / di panggang, termasuk gorengan.
  • Menghindari stres
  • Cukup istirahat, dan
  • Rajin olahraga

Baca Juga : Pantangan Makanan Kanker Rahim

Terima kasih sudah menyimak artikel kesehatan mengenai bahaya kanker rahim di atas. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

–Salam Sehat–

Bahaya Kanker Rahim Pada Perempuan Yang Harus Diketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *